Gili Trawangan – Si Populer di Lombok

Libur dulu nulis tentang tempat-tempat wisata di Bali soalnya banyak yang foto-fotonya belum ketemu. Biar nggak kosong, nulis yang foto-fotonya udah siap dulu.

Kali ini, giliran Gili Trawangan. Yup, gili yang paling populer di Lombok. Paling banyak turis mancanegara yang dateng ke sana, diimbangi juga dengan makin banyaknya turis lokal yang ikut-ikutan liburan ke sana – salah satunya ya gw, hehehe. Kehidupan di malam harinya juga oke, makin malem malah makin rame. Mungkin, kayak di Legian dan Seminyak ya? (OOT dikit, tapi kenapa waktu kita keliling di Legian jam 11 malam malah sepi ya? Apa ‘kepagian’?)

Untungnya pas kita liburan ke Gili T kemarin ini, nggak banyak-banget turis lokalnya. Bukannya apa-apa, biar sekali-kali bisa merasakan tinggal di antara bule-bule walaupun masih di negeri sendiri, hehe. Biar nggak perlu traveling jauh-jauh. 😀

 

Sampai di dermaga, langsung disambut sama cidomo. Tarif cidomo ini sudah ada daftar harganya. Puluhan ribu pokoknya, lumayan mahal. Kalau nggak bawa barang berat, kalau ke Gili Trawangan ini sebaiknya pakai ransel aja. Kita kemarin pakai koper yang bisa ditarik aja rasanya udah salah kostum. Di sini bule-bule rata-rata pakai tas backpack yang bisa lumayan tinggi itu.

gili trawangan-01Hello Cidomo!

Asiknya lagi di Gili Trawangan ini, kita bisa enjoy sunset dan sunrise di 1 pulau.

Berhubung kita sampainya siang, kita ke hotel terus istirahat sebentar. Abis itu, sewa sepeda dari hotel. Tarifnya 50.000/24 jam. Berhubung kita nyewanya nggak sampai 24 jam dan 4 orang yang nyewa, jadi nawar-nawar dikit. Detailnya lupa. Yang pasti, ada harga ada rupa. Kalau mau sepeda baru, nggak mungkin dapat tarif murah-murah banget.

Sore itu, sambil sepedaan (ini gara-gara niat mulia gw mau kelilingin 1 pulau naik sepeda), kita ke arah Sunset Point.

Dalam perjalanan ke Sunset Point, kita sempat berhenti sebentar di area yang ada 2 pohon yang dipakai buat gantung berbagai sandal jepit. Mungkin hasil nemu sandal-sandal yang sempat kebawa ombak.

gili trawangan-03Anybody knows?

gili trawangan-05Jumping high at Sunset Point

gili trawangan-02

Sedikit informasi, di daerah sunset (matahari terbenam) ini belum begitu banyak penginapan. Keliatannya karena pantainya kurang bagus, jadi kurang bisa dipakai untuk berenang. Kurang lebih, seperti ini keadaaan pantainya:

gili trawangan-04Nggak bisa buat berenang, kan?!

Di sisi lain pantai, pantainya cantik banget dan bersih banget juga.

Check out these pictures!

gili trawangan-15Pesona Pantai Gili Trawangan

gili trawangan-14

gili trawangan-13

gili trawangan-12

gili trawangan-11

Semua foto di atas diambil dari agak ke tengah pantai. Waktu itu kalau pergi masih suka bawa camera waterproof, jadi aman 🙂 Termasuk juga foto di bawah ini. Warna-warna payung di sun bed beda-beda itu tergantung punya resort/villa/cottage mana. Kalau kebetulan kita nggak nginap di hotel pinggir pantai (penginapannya ada di posisi seberang jalan ya), kita bisa pesan makanan atau minuman dari bar hotel tsb untuk dapat menikmati suasana pinggir pantai.

gili trawangan-10

gili trawangan-09Daerah batas berenang (lihat buletan2 di atas)

gili trawangan-08
gili trawangan-07

Di area ini, selain cocok buat berenang sampai area yang dibatasi karena airnya tenang banget, cocok juga buat menikmati sunrise alias matahari terbit. Tapiiiii… kita-kita pada susah bangun pagi, khususnya gw, karena keburu tepar abis kelilingin sepeda sore sebelumnya. Trust me, it’s not easy at all karena banyak banget daerah berpasir. Genjot sepeda di area berpasir itu benar-benar perjuangan. Belum lagi ditambah ada beberapa area yang sedikit longsor, jadi kita mesti nyelametin sepedanya (sepedanya jalan di area atas), sementara kita jalan kaki agak ke bawah sambil dorong sepeda.

Nggak mau lagi deh sepedaan keliling Gili T. Kalau ke sana lagi, sewa sepeda paling untuk makan dan pindah-pindah tempat di area yang jalannya bagus aja. Turis males yaaa 😛
Yang bikin salut bin kagum itu ada bule cewek yang jogging keliling pulau, jauh lebih cepat dan stabil daripada kita-kita yang naik sepeda ini. Mantap banget deh.
Di hari ke-2, rute kita nggak muluk-muluk. Nggak ikutan snorkeling 3 Gili juga. Cuma pagi-pagi breakfast sambil berenang di pinggir pantai. Terus, naik sepeda cari makan ke pasar seni. Tau-tau udah jam 12 aja, saatnya checkout dan mengikuti jadwal untuk naik kapal nelayan ke Pulau Lombok.

gili trawangan-17

Tarifnya di tahun 2013 itu 10.000/orang. Enak banget, sepoi-sepoi dan 30 menit nggak berasa, orang hampir ketiduran kok 😀

Pas di dermaga, kebetulan kita lihat fast boat Marina Srikandi – fast boat yang kita pakai dari Padang Bai Bali ke Gili Trawangan sehari sebelumnya. Buru-buru difoto deh, siapa tau berguna buat gambaran teman-teman yang lagi ngerencanain liburan ke Bali & Lombok 🙂

gili trawangan-16Marina Srikandi 2

Kapan ya bisa balik ke Gili Trawangan lagi. Honeymoon, maybe? (kode keras nihhhh, hahahaa)

Cara ke Gili Trawangan dari Lombok

Tambahan info buat yang mendarat di Lombok Praya. Untuk menuju ke Gili Trawangan, bisa sewa mobil dari bandara ke Bangsal. Di Bangsal bisa beli tiket public boat ke Gili Trawangan. Tahun 2013, harganya 10.000/orang/trip. Durasi perjalanan sekitar 30 menit & nyaman banget karena nggak melawan ombak.

Buat gambaran lokasi bandara, Bangsal, dan 3 gili, silakan cek gambar berikut:

peta lombok

Selama perjalanan dari Lombok Praya ke Bangsal, Anda bisa minta berhenti di Mataram, Senggigi, Malimbu Hill (view-nya keren banget!), tempat budidaya mutiara, dll, sebelum akhirnya diantar ke Bangsal. Harap diingat, kalau mau berhenti-berhenti, beritahu dulu supir mobil sewaan sebelum berangkat supaya semua jelas di awal.

Satu lagi, jangan kesorean sampai di Bangsal. Public boat terakhir berangkat jam 4 sore kalau tidak salah. Daripada harus balik lagi ke Senggigi untuk cari penginapan kan? 🙂

23 thoughts on “Gili Trawangan – Si Populer di Lombok

  1. Lombok memang menyimpan sejuta pesona keindahan alam yang tiada tandingannya. Dan Gili Trawangan merupakan salah satu pulau terindah yang ada di Indonesia, jadi bagi yang ingin menikmati keindahan laut Indonesia jangan lupa pergi ke Gili Trawangan. Kenapa harus jauh-jauh keluar negeri sementara di Negeri sendiri sudah lengkap, turis Asing saja datang ke pulau gili Lombok, Save wisata Indonesia

  2. Infonya lengkap banget gan, kalau boleh saya nambahin dikit ya. Rata- rata pengunjung di Gili Trawangan adalah wisatawan asing kalau dibandingkan dengan wisatawan lokal mungkin 90% / 10%. Sekarang (2015) sudah tersedia transport publick fast boat dari pelabuhan Bangsal ke 3 Gili (Air, Meno, dan Trawangan) tarifnya Rp. 85.000 / orang, selain lebih cepat fastboat ini juga tersedia di setiap jam, mulai dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore.

  3. Mbak sandra..menurut mbak bisa gak anak sy umur 3 bulan ke gili? Nyaman gak buat dia..dari perjalanannya..lokasinya..suasananya.. gmn tuh menurut mbak?

    1. @Halma: kalau bawa anak 3 tahun lumayan ribet juga karena untuk ke 3 Gili kita mesti naik fast boat (kalau dari Bali) atau public boat (kalau dari Pulau Lombok). Intinya, kita mesti naik-turun pesawat. Kalau bawa anak 3 tahun, pas naik-turun pesawat, papa-mamanya mesti kuat gendong mbak, karena kalau naik boat, biasanya nggak menepi di pasir, pasti kena air sedikit.

      Satu lagi, pastiin juga anaknya nggak mabok laut mbak Halma. Soalnya perjalanannya lumayan, sekitar 1 jam kalau naik fast boat dari Bali atau 30 menit kalau dari Pulau Lombok.

      Kalau udah di pulau Gili-nya sendiri, selama anaknya nggak takut air & pasir pasti asik-asik aja, soalnya pasirnya lebih bersih dan nggak serame di Bali

      Kalau belum pernah diajak ke pantai, saran saya ke Bali dulu aja, perjalanannya lebih gampang 🙂

  4. Mbak sandra……pelabuhan bangsal tu mana?
    Rencana saya turun lombok praya….
    Saya naik apa ya…….ke gili trawangan?
    Matur suwun mbak…..salam

    1. @Rudy Kote: sudah aku tambahin di atas cara dari Lombok Praya ke Bangsal (biasanya sewa mobil) & dari Bangsal ke Gili T. Met liburan pak!

  5. Hai Sandra, waktu di Gili Trawangan nginep di hotel apa ya? Lagi cari hotel yg recommended.
    Btw apa bener di Gili T itu kita mandinya pakai air asin? Kalau beli air minum gitu gampang gak ya disana?

    1. @Monica: waktu itu nginap di Good Heart Resort. Ceritanya bisa dibaca di http://www.birgitaadelia.com/liburan-di-gili-trawangan/, sorry belum sempat ditulis di sini! Nginap di sini enak kok, nggak terlalu jauh dari Art Market & juga pantainya bisa buat berenang.

      Beli air minum kayak Aqua yg 1,5 literan bisa di mana-mana kok. Harganya waktu itu 10.000. Maklum, kan perlu ongkos angkut dari Pulau Lombok. Kemarin sepenglihatan aku, galon-galon aqua juga mesti ‘impor’ dari Pulau Lombok, hehehe.

      Air mandinya memang nggak benar-benar tawar, tapi nggak air asin banget kalau di Good Heart. Masih berasa asinnya.
      Baru bisa mandi lebih puas pas udah di Lombok. 🙂

  6. Mba sandra sewa mobil dari bandara internasional lombok (praya)ke pelabuhan bangsal berapa yah (biaya nya)? Bisa sewa ke bandara lagi kan yah?

    1. @Asraf: mungkin sekitar 200-250 ribu, coba aja ditawar. Minta contact driver-nya aja & janjian untuk jemput di Bangsal. Nanti kamu bisa kabarin kalau udah mau naik kapal dari Gili Trawangan.

        1. @Rian: aku biasanya rental mobil, jarang liat angkot. Kalau mau lebih hemat, naik Damri dulu sampai Senggigi, abis itu baru naik taksi atau cari rental mobil ke Bangsal, bisa hemat lumayan banyak

  7. Mba Sandra, mau tanya, untuk penginapan. Baiknya di lombok atau gili trawangan ya? Lalu untuk daerah wisatanya, rekomended Gili Trawangan atau Lombok? Thanks

    1. @Bernard: kalau aku lebih suka nginap di Gili T karena suasana dan pantainya. Di sini kamu juga bisa ikut paket snorkeling 3 Gili (setengah harian).
      Kalau kamu mau banyak tempat wisatanya, bisa nginap di Pulau Lomboknya. Gimana kalau dicoba dibagi aja jadi kamu bisa ngerasain dua-duanya?
      Kemarin kita baru ke Lombok lagi, nginapnya di Gili T. Di Lombok cuma numpang lewat doank, hehe

  8. Mb sandra…. klo tdk menginap di gili trawangan tempat yg paling oke di mananya yaa… yg bisa snorkeling… sy ngjnap di senggigi sebaiknya pulang nya paling akhir jam brp … boatnya msh ada….

    1. @Wien: maksud kamu snorkeling di sekitar Gili T, atau mau ikut snorkeling 3 Gili? Kalau snorkeling 3 Gili, biasa jam 10 berangkat. Biayanya sekitar 100.000-an, kamu coba cari-cari info dulu aja sebelum berangkat.

    1. @Faisal: ke Bali atau Lombok dulu, naik pesawat aja lebih gampang, pilihan jamnya juga banyak. Ambil flight pagi dari Jakartanya, biar masih keburu fast boat ke Gili T (kalau dari Bali), atau publich boat ke Gili T (kalau dari Pulau Lombok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *