Libur Lebaran di Danau Ranau

Kali ini cerita liburan dari pulau Sumatera! Sebelum ke Danau Toba, gw sempat diajak liburan ke Danau Ranau (kalau Hai-hai mah udah sering, dari kecil hampir setiap Lebaran ke sini). Pas dengar Danau Ranau, apaan tuh? Maklum, taunya Danau Toba. Ternyataaa, danaunya besar dan besar! Balik-balik dari sana, pas lagi cari-cari info, gw baru tau kalau Danau Ranau ini danau kedua terbesar di pulau Sumatera. Berdasarkan data, luas danau ini 125,9 km2 (bandingkan dengan luas Danau Toba: 1.130 km2).

Gw sempat ke sana pas libur Lebaran tahun 2012. Setelah 4 jam perjalanan darat yang lumayan seru (jalannya berkelok-kelok dan nggak ada pembatas di luarnya). OOT dikit, kalau menurut gw lebih serem jalan ke Danau Ranau, kalau menurut Hai-hai lebih seram jalan dari Danau Toba ke Brastagi, padahal ada pembatas jalannya. Tikungannya lebih curam soalnya, bentuk huruf U, hiiiii ๐Ÿ˜›

Pulau di Tengah Danau

Kalau Danau Toba punya Pulau Samosir, Danau Ranau punya Pulau Marisa. Di sini ada pemandian air panas dengan campuran belerang. Memang sedikit bau, tapi lama-lama di sana hidung kita bakal terbiasa kok. Cocok buat cewek-cewek yang mau punya kulit wajah mulus, gak perlu repot-repot pakai sabun sulfur, rajin-rajin berendam aja pas di sini ๐Ÿ˜‰

Penginapan

penginapan di kompleks pusri-danau ranau

Di Danau Ranau, kita nginapnya di penginapan milik PT Pusri, kisaran harga penginapan dalam bentuk villa-villa. Kalau mau dapat yang dekat dengan danau harus pesan jauh-jauh hariย  karena terbatas:

  • Low season: 100.00-150.000
  • High season: 500.000-700.000

Fasilitasnya gimana?

  • AC = nggak ada karena nggak perlu, dingin banget
  • Air panas? Sekali-sekali mandi air dingin – segerrrr!!
  • Jangan lupa bawa selimut tebal
  • Makan pagi ada (nasi goreng kalau ga salah)
  • 1 villa boleh diisi rame-rame? Boleh banget!

Selain penginapan PT Pusri, ada juga beberapa kompleks penginapan lain yang bisa Anda pilih.

Berikut foto kompleks penginapan di pinggir danau Ranau milik PT Pusri. Atapnya memang udah mulai tua dan berubah warna.

penginapan di kompleks pusri-danau ranau

 

Lokasi Danau Ranau

Sebelum membahas keindahan Danau Ranau lebih lanjut, kita lihat dulu posisi danau ini di peta.ย  Bisa dibilang, danau ini terletak di antara perbatasan provinsi Lampung dengan Sumatera Selatan. Danaunya yang bulatan biru kecil di peta berikut:

peta danau ranauKita ke sini dari Baturaja, melewati Muara Dua, baru deh sampai ke Danau Ranau. Buat yang dari Lampung juta bisa langsung ke arah utara. Durasi perjalanan sekitar 4 jam. Kalau dari palembang, 8-9 jam perjalanan. Kalau dari Bandar Lampung, ada yang bisa bantu?

 

Pemandangan di Sekitar Danau

danau ranau-03

Foto dengan pemandangan ke gunung.

Berenang di danau-nya, kita jalan keluar sedikit dari kompleks PT Pusri, cari tempat yang agak sepi. Kalau di kompleks milik PT Pusri ini rammmeee bangett, apalagi lagi libur Lebarang. Banyak penjual makanan tradisional dan mainan anak-anak di sini.

Sebelum berenang, ayo kita beraksi foto-foto dulu, mumpung dapat spot bagus buat foto:

danau ranau-06

Foto batu-batuan di pinggir danau-danau

danau ranau-04

Abis berenang, kita iseng-iseng berburu alpukat dan buah kersem. Alpukatnya bagus-bagus dan menggoda hati. Belum masak sih, tapi kan masih buat makan nanti. Kita juga bisa cari penduduk lokal yang punya kebun alpukat, yang mau jual alpukatnya ke turis kayak kita. Bagus-bagus dan murah-murah, dibandingkan kita berburu di pasar.

Berburu alpukat:

alpukat di danau ranau

Berburu kersem:

berburu buah di danau ranau

 

Nyebrang ke Pulau Marisa Yuk

Dari pinggir danau, kita bisa nyebrang ke pulau Marisa, di sini ada pemandian air sulfur.ย  Nyebrangnya bisa beli naik kapal nelayan rame-rame, atau charter sekalian (pulang-pergi). Sistemnya, pas berangkat kita ingat-ingat nama kapal kita apa. Nanti pas mau pulang, kita tunggu kapal tsb ada di pelabuhan untuk membawa kita kembali ke penginapan. Mirip dengan di Danau Toba, bedanya kalau di Danau Toba pakai kapal ferry dan kapalnya ini nungguin kita. Waktunya jadi agak terbatas,

Pemandangan danau ketika nyebrang (kita dateng ke arah gunung):

danau ranau-11

Supaya bisa lebih menikmati pemandangan, nggak ada salahnya coba duduk di atas kapal kayak kita kemarin:

danau ranau-10

Foto-foto di kolam pemandiannya:

danau ranau-13danau ranau-12

Untuk kamar mandinya, keliatannya gak begitu bersih – yg penting ada aja. Kalau mau mandi, mending pas udah sampai di penginapan ajaย  :)

Foto-foto sambil nunggu kapal pulang dateng (lamaaaa), hehehe:

danau ranau-14

Dann, terakhir, foto ke arah penginapan (pas balik dari kaki gunung tadi):

danau ranau-15

Sampai jumpa di cerita liburan selanjutnya! :)

 

Tertarik liburan ke Danau Ranau tapi bingung atur penginapan dan transportasi? Hubungi kami dan kita akan bantu kamu merancanakan liburan di pulau Sumatera bagian selatan ini ๐Ÿ˜‰

33 thoughts on “Libur Lebaran di Danau Ranau

  1. Boleh minta informasi cara untuk pemesanan villa PT. Pusri nya?
    plan sih untuk libur Idul Fitri 2015 ini.

    Thx ya….

    1. @Edisun: maaf gak punya contact-nya. Biasa kalau pergi sama keluarga pacar, jadi mereka yg siapin semua-semua, termasuk book villanya jauh-jauh hari. Denger-denger sih lumayan cepat penuh.

    1. @Hanif: iiyaaa, buat yg tinggal di pulau Sumatera bagian selatan, sebelum jauh-jauh ke Danau Toba, bisa ke Danau Ranau dulu aja. Nggak kalah bagusnya (walau fasilitas dan resortnya masih perlu belajar banyak dari Danau Toba)

    1. @Frisca: sorry, aku nggak punya soalnya kalau ke sana ngikut aja. Yang biasanya pesan ortu pacar, jadi sungkan kalau mau tanya-tanya. Sedikit tips, harganya coba dinego aja dari harga awal, siapa tau bisa dapat harga lebih murah

  2. Ada yang kurang kalo mau main ke Danau Ranau, main arung jeram di selabung
    saya putri daerah danau ranau, bisa hubungi saya kalo mau mai ke danau ranau.

    1. @Dian: kamu perginya group atau bukan?
      Kalau perorangan, dia ada tiket perorangan, lupa berapa. Kalau mau carter 1 kapal, nego-nego aja

  3. Kampung ku terkenal juga ya .. hhhee

    Ya walaupun belum banyak yg tau tentang keindahan kampunh aku.
    Tapi aku jamin kalau kita kesana pasti bawaan nya mau kesana lagi .
    Bukan hanya itu saja .
    Di danau ranau pun ada air terjun disana .
    Makanan disana pun murah-murah .
    Ongkos untuk naik perahu nya hari biasa 2000 hari libur nasional 5000 .
    Yg berkeluarga dijamin gk akan kecewa kesana .

  4. indah nya kampung saya.
    lg promosi ni di tangerang. ngenal.in danau ranau. moga2 pada mau liburan ke danau ranau. ??

    udah banyak yang ngajakin ke sana. maju terus danau ranau. tapi sayang nya fasilitas pariwisatanya di rusak oleh tangan tangan kotor orang ranau juga?

    moga2 cepat sadar โ˜บ

    1. @Pebri: semoga banyak teman-teman kamu yg mau diajak liburan ke Danau Ranau ya. Biar orang nggak cuma kenal Danau Toba aja, hehe ๐Ÿ˜€

  5. Insyaallah idul fitri 2016 ini k danau ranau mumpung lg dpat cuti klu egg ksana sdih juga rasany krn sy org baturaja tp egg prnah k danau ranau, maklum org baturaja tp domisili d papua hehehe…

    1. @Merdi: mudah-mudahan keinginan kamu untuk liburan ke Danau Ranau di Lebaran ini bisa tercapai. Kayaknya memang paling pas ke sana pas musim liburan, kalau hari-hari biasa takutnya malah sepi. :)

  6. Itu kampung aku hampir tiap tahun kesana hihi senangnya kampung ku udh terkenal joinus teman2 selmat bersenang2 ketemu lebaran nanti di sana ya?

    1. @Reynaldy: iya katanya kalau pas lagi panen duren, di sepanjang dalan ke Danau Ranau, banyak jualan, udah enak, katanya murah-murah lagi, hehe.

  7. Lebaran juga pgen liburan kesana ..tapi gak tau apa” belom perna sama sxali klok dri palembang naik apa trus nyampe kesana ..kita hrus nginap dimna ..klok penginapan nya penuh ..klok ada yg tau infoin ya

    1. @Fitri: ke sini memang harus pakai kendaraan pribadi, kalau nggak susah. Kayaknya belum banyak angkutan umum untuk ke sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *