Libur Lebaran di Danau Ranau

Kali ini cerita liburan dari pulau Sumatera! Sebelum ke Danau Toba, gw sempat diajak liburan ke Danau Ranau (kalau Hai-hai mah udah sering, dari kecil hampir setiap Lebaran ke sini). Pas dengar Danau Ranau, apaan tuh? Maklum, taunya Danau Toba. Ternyataaa, danaunya besar dan besar! Balik-balik dari sana, pas lagi cari-cari info, gw baru tau kalau Danau Ranau ini danau kedua terbesar di pulau Sumatera. Berdasarkan data, luas danau ini 125,9 km2 (bandingkan dengan luas Danau Toba: 1.130 km2).

Gw sempat ke sana pas libur Lebaran tahun 2012. Setelah 4 jam perjalanan darat yang lumayan seru (jalannya berkelok-kelok dan nggak ada pembatas di luarnya). OOT dikit, kalau menurut gw lebih serem jalan ke Danau Ranau, kalau menurut Hai-hai lebih seram jalan dari Danau Toba ke Brastagi, padahal ada pembatas jalannya. Tikungannya lebih curam soalnya, bentuk huruf U, hiiiii 😛

Pulau di Tengah Danau

Kalau Danau Toba punya Pulau Samosir, Danau Ranau punya Pulau Marisa. Di sini ada pemandian air panas dengan campuran belerang. Memang sedikit bau, tapi lama-lama di sana hidung kita bakal terbiasa kok. Cocok buat cewek-cewek yang mau punya kulit wajah mulus, gak perlu repot-repot pakai sabun sulfur, rajin-rajin berendam aja pas di sini 😉

(more…)