[REVIEW] Kereta Api Bandara – Medan

Kereta api bandara yang ada di Medan ini punya nama keren:

Airport Railink Service

 

Awalnya nggak kepikiran mau nulis tentang kereta api bandara ini, tapi begitu tau kalau ‘attraction’ ini nomor 1 di TripAdvisor, kenapa nggak bahas ini aja? Tadinya mau nulis tentang Tjong A Fie Mansion dan tulisan tentang KA Bandara ini sebagai pelengkap aja, nggak taunya lumayan panjang juga. Tulisan tentang Tjong A Fie Mansion masuk draft dulu deh ๐Ÿ˜‰

 

Tiket kereta: 80.000/orang, 150.000/2 orang, dst.

Mungkin sengaja dibuat gini, kalau gak yang rame-rame bakal lebih milih sewa mobil aja, lebih murah.

Bisa dapat diskon nggak? Taun lalu kita harusnya PP dari/ke bandara gratis karena naik Garuda. Waktu itu lagi pada promo, rata-rata sih diskon doank, tapi kalau naik Garuda gratis. Lumayan menghemat, bisa buat beli oleh-oleh, hehehe. Berhubung datangnya udah langsung dijemput pakai travel, kita nggak pakai deh tiket gratisnya. Diskon juga bisa diperoleh dengan menunjukkan bukti booking di hotel-hotel tertentu.

Sekarang masih ada nggak? Suka-suka pihak Railinknya donk! Di websitenya aja ditulis, harga bisa berubah sewaktu-waktu. Untungnya sih pas Agustus 2014 kemarin kita naik yang dari kota-bandara malah dapat diskon Kemerdekaan, jadi 120.000 untuk 2 orang. Lumayan, hemat 30.000. Saking berharap dengan 150ribu untuk 2 orang, Hai-hai sampai konfirmasi ke mbaknya: Berapa mbak?

Gw jadi bingung, dapat lebih murah kok malah tanya, hahahaha ๐Ÿ˜› Untung aja, harganya berubah jadi lebih murah. Sering-sering promonya, Railink! ๐Ÿ˜‰

 

Foto di dalam kereta, bisa foto-foto karena dapat kereta yang sepi, hehe. Di sini sistemnya kita naik ke kereta setelah ada pengumuman, bukan bisa langsung naik biar keretanya udah ada juga. Mungkin biar tertib ๐Ÿ™‚

kereta api bandara medan-3

Bapak-bapak yang fotoin pintar nih, sengaja ambil yang keliatan TV-nya dan tempat naruh koper. Udah ditraining kayaknya ๐Ÿ˜›

ย kereta api bandara medan-4Foto bagian dalam kereta

 

Setelah sampai di Kuala Namu. 30 menit benar-benar nggak berasa. Keretanya nyaman dan bersih. Mau tidur pun tanggung.

kereta api bandara medan-1

Berhubung kita flight pagi (sebelum jam 6 kalau nggak salah ingat), bandara masih sepi banget. Toko-toko belum pada buka. Panggilan masuk ke pesawat juga cuma 1x, apa karena penumpangnya sepi ya. Kita kan balik liburan lebih awal, karena kalau udah 2014 harga tiketnya bedanya lumayan. Nggak tahun baruan di Medan deh ๐Ÿ™‚

kereta api bandara medan-2Mata masih nggak fokus. Selesai jalan-jalan jam 12 malam, jam 4 pagi udah harus sampai di stasiun, untung dekat dari hotel

 

TIPS: Sebelum berangkat, usahakan kamu udah cek dulu jadwal kereta dari Kuala Namu – Medan. Kayak kita kemarin, kita mendarat jam 13:00, padahal jadwal kereta sebelumnya 12:56 dan baru ada lagi jam 14:16. Mau nggak mau, kita cari sewa mobil deh. Harga sih sama, tapi durasi perjalanan yang beda jauh, hampir 2x lamanya. Kalau naik kereta, cukup 30 menitan (buat yang ke bandara, nggak perlu takut terlambat, nggak perlu kena macet, dll). Sementara pas naikย  mobil kemarin, sampai ke tengah kota butuh waktu 1 jam lebih.

Sama aja sih, dibanding 30 menit berikutnya kita baru sampai karena masih nunggu kereta. Jadi, penting banget buat tau jadwal kereta, biar tau perlu buru-buru ke stasiun nggak (stasiunnya ada di seberangnya bandara persis, jalan kaki juga sampai). Harusnya sih bisa nyambung langsung, tapi biasanya ditutup (dari 2x pengalaman). Atau juga biar tau bisa santai-santai apa nggak.

 

TIPS 2: Tempat duduk di dalam keretanya nggak bisa diputar. Jadi, usahakan minta duduk yang ngadep depan pas beli tiket. Tapi kalau kamu termasukย  yg bisa duduk sambil jalan mundur, ya no worry!

 

Semoga tulisan tentang Kereta Api Bandara ini berguna buat pembaca ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *