Tanah Lot – Bali

Ada yg kurang kalau ke Bali tapi belum ke Tanah Lot, salah satu pura ngetop yg rame dikunjungi turis, baik lokal maupun mancanegara, khususnya buat first timer. Idealnya (kalau menurut gw ya 😉 ), seenggaknya kita mesti 2x ke Tanah Lot. Pertama, pas siang hari sebelum air pasang jadi kita bisa nyebrang ke pura. Kedua, pas sunset – pemandangan sunsetnya cantiikkkk banget. Tapi, kalau beruntung, pas datang menjelang sunset, kalau airnya belum terlalu pasang, kita masih bisa nyebrang.

  • Harga tiket masuk: Rp 15.000/orang (khusus wisatawan lokal)
  • Parkir bayar sendiri dan parkirannya luas

Abis beli tiket, begitu masuk langsung dicek lagi tiketnya. Keliatannya untuk turis lokal dan mancanegara, tiketnya beda. Pas pertama ke Tanah Lot, abis beli tiket, langsung kita taruh tas. Eh taunya dimintain, mana pakai speaker yg buat halo-halo itu. Manggilnya pun pakai bahasa Mandarin, mana kita ngerti. Begitu dibilang “Mana tiketnya?” baru deh kita sadar kalau kita yang dipanggil >.<

Sebelum sampai ke Pura-nya, kita bakal ngelewatin kayak pasar seni gitu. Buat yang hobi shopping, silakan lihat-lihat dulu apalagi kalau masih punya waktu sebelum sunset. Kalau udah mepet sunset, mendingan ngejar sunset dulu baru baliknya belanja-belanja.

 tanah lot-01Dipilih-dipilih, mau beli topi yg mana 😛

tanah lot-02Kaos balinya pak/bu? Sandal jepitnya?

tanah lot-03Lukisannya?

 

tanah lot-04Atau mau yg ini buat oleh-oleh? Hehehe

Sebelum sampai di pura di tepi pantainya, kita bakal ngelewatin kayak gapura (benar ga ya sebutannya?):

tanah lot-05Cantik banget kan pemandangannya?

tanah lot-06Coba tebak siapa yg pakai kaos polkadot?

Kebetulan pas ke Tanah Lot pertama itu pas lagi Galungan-Kuningan, jadi jalan-jalan di Bali cenderung sepi (karena mahasiswa-mahasiswa pada libur) dan makin banyak upacara-upacara yg dilakukan, salah satunya pas kita di Tanah Lot ini. Salut buat orang-orang Bali yang rajin buat sembahyang ini-itu, kayaknya hampir setiap kali ke Bali nemuin jalan yg ditutup karena lagi ada upacara – upacaranya pun kadang lebih dari 1 hari. Malah pernah pas lagi ketemu klien, kita harus pulang sebelum jam 3 karena mereka mau sembahyang rutin tahunan. Dari pagi udah sibuk menghias janur-janur.

Beberapa foto saat ada sembahyang di Tanah Lot yang diambil ketika perjalanan pertama gw dan keluarga ke Bali di tahun 2012:

tanah lot-11tanah lot-10tanah lot-09

Lanjut jalan ke bagian dalam, sampailah kita di pemandangan yang paling dinanti, apalagi kalau bukan Pura Tanah Lot. Bisa dibilang ke sini 2x, dua-duanya gw cukup beruntung, khususnya yg kedua karena gw datang di sore hari tapi hari belum begitu pasang. Masih ingat kan penjelasan di awal artikel?

tanah lot-15The Great Tanah Lot

Di seberang foto yang banyak orang ngumpul itu kayak kita bisa antri untuk minta berkat. Cuci muka & cuci tangan dulu pakai air, terus ditempelin beras di antara mata & dikasih bunga Kamboja. Abis itu, silakan kasih sumbangan seikhlasnya. Dua kali ke sini, dua kali gw antri, hahaha

FYI: untuk yg naik ke bagian atas pura nggak bisa sembarangan orang ya. Bisa-bisa rame turis-turis doank, kasian yang mau sembahyang.

Berhubung di kunjungan pertama, airnya masih surut, kita sempat keliling-keliling deh. Check some shots below:

tanah lot-16tanah lot-14tanah lot-08tanah lot-07tanah lot-12Tiga dara cantik 😀

Till we meet again, Tanah Lot!

tanah lot-13Foto gapura depan yang diambil pas mau pulang, dan diambil dari dalam karena kalau dari depan rame orang foto-foto sementara rombongan bukan tipe yg sabar nunggu sepi baru foto, hehehe.

OOT: Abis nulis beberapa artikel tentang Bali, jadi kangen Bali deh apalagi tahun ini belum ada alasan untuk ke Bali. Kangen makan babi guling pinggir jalan. Kangen ngobrol-ngobrol santai di pinggir pantai sambil nunggu sunset. Kangen makan sate babi di Gelora Trisakti. Kangen main air di pantai. Tapi nggak kangen sama gosongnya.

Moga-moga abis nulis, langsung ada kesempatan untuk ke Bali lagi ya. 3 hari aja cukup kok *pray-pray-pray*

8 thoughts on “Tanah Lot – Bali

  1. saya sangat suka dengan artikel-artikelnya…beneran deh yang kamu tulis sangat melukiskan keindahan yang ada..terus terang mengingatkan saya kembali setiap saat untuk berkunjung terutama ke bali…yang mudah-mudahan akan saya dan keluarga kunjungi setelah terakhir berkunjung 3 tahun lalu. mudah-mudahan akhir mei ini terlaksana dengan lancar. Berlibur kembali ke pulau Lombok memang impian saya untuk membawa keluarga. Saya berkesempatan mengunjungi pulau lombok saat saya masih kuliah…itu sekitar 23 tahun lalu! namun melihat foto-foto postinganmu…sungguh membuat rindu ke Lombok.. terutama pantai kuta dan senggiginya yang sangat cantik.. Kapan-kapan…posting Bau Nyale Festive yaa… sama Tanjung Aan…
    Terimakasih atas postingannya ….foto-fotonya semuanya cantik….

    1. Halo Ferla, makasih banyak buat komentarnya, bikin aku jadi semangat lanjutin nulis tentang tempat-tempat wisatanya ya.
      Happy holiday di Bali akhir bulan ini, semoga kamu dan keluarga bisa enjoy :). Mudah-mudahan bisa segera ke pulau Lombok lagi.

      Postingan Bau Nyale Festival sama Tanjung Aan tunggu kalau aku ke Lombok lagi ya soalnya kemarin belums empat ke sana. Waktu ke-2 kalinya ke Lombok, memang cuma day trip, sambil nunggu flight balik ke Jakarta, kita malah sewa motor dari Senggigi ke Mataram buat makan ayam taliwang yg enak dan pedas itu. Ngomongin Lombok jadi kangen pengen balik ke sana :)

  2. Sudah dua kali datang ke Tanah Lot – Bali ini ditahun 2014 dan 2015.
    Tapi rasanya masih belum cukup karena belum pernah dapat momen sunset di Tanah Lot.
    Mudah-mudahan di tahun 2016 ini bisa ke Bali lagi dan bisa dapat momen sunset di Tanah Lot.

    Ulasan di blog ini sangat saya sukai, foto-fotonya juga keren-keren dan informatif :)

  3. Seneng baca artikelmu bisa jadi referensi apalagi Ada harga kalo perlu yg diloket difoto hehe Dan Aq suka keterangan waktu yg tepat tuk nikmati wisatanya. Terus semangat rajin menulisnya. Byk membantu banget. Apalagi foto2nya jg OK py.

    1. @Irene: makasih buat komentar dan masukannya. Ke depannya bakal diusahakan untuk foto harga di loket supaya lebih akurat informasinya.
      Semoga bisa enjoy di Tanah Lot pas liburan ke Bali yaaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *